Buah merah tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas ini memiliki nama latin Pandanus Conoideus dan biasa disebut dengan nama buah kuansu bagi masyarakat asli Papua. Buah ini dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit karena buah ini sangat baik bagi kesehatan.

Masyarakat Papua sendiri biasa mengkonsumsi buah ini secara langsung, namun buah ini juga bisa dikonsumsi dengan cara dimasak, buahnya dipotong-potong untuk kemudian direbus atau bisa juga dipanggang.

Tidak hanya daging buahnya saja yang dikonsumsi, biji dari buah ini juga bisa ditumbuk bersamaan dengan daging buah merah, untuk kemudian dicampur dengan air. Saring airnya untuk menghasilkan saus merah yang kental dan bisa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Buah merah juga bisa diekstrak untuk didapatkan minyaknya yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu penyebab hingga pewarna alami.

Manfaat Buah Merah bagi Kesehatan

cara mengolah buah merah

Buah merah tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan saja, namun juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena buah merah tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bahkan buah ini sekarang dikenal dengan buah merah untuk covid .

Buah ini sendiri memiliki kandungan penting seperti protein, lemak sehat, vitamin E dan C, alfa-karoten, beta-karoten, karbohidrat dan pastinya antioksidan dalam jumlah yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah merah bagi kesehatan :

1.) Efek Antikanker
Antioksidan yang tinggi pada buah ini dianggap mampu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor utama penyakit kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa buah merah sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker.
Namun meski begitu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa buah merah dapat digunakan sebagai obat herbal antikanker.

2.) Memiliki Sifat Anti Peradangan
Buah merah tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas ini memang memiliki sifat antioksidan tinggi yang mampu mengurangi peradangan. Sehingga menjadikan buah ini sebagai salah satu alternatif untuk obat bagi mereka yang terserang penyakit radang usus bahkan sudah berkembang menjadi kanker.

3.) Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat
Sebuah penelitian yang sudah dilakukan pada buah merah ini menyebutkan jika ekstrak dari buah merah sanggup meningkatkan kadar kolesterol baik. Sehingga buah merah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Dan dengan mengkonsumsi buah ini, menjadi salah satu cara alternatif yang alami untuk mengurangi resiko penyakit jantung.
Meski begitu dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

4.) Memiliki Sifat Antimikroba dan Antivirus
Buah merah juga dipercaya dapat digunakan sebagai metode pengobatan alami bagi panyakit TBC dan HIV. Hal ini didukung dengan sifat antivirus dan antibakteri yang ada pada buah ini. Buah ini juga dianggap dapat meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Sehingga mampu menghambat perkembangbiakan virus yang berbahaya seperti HIV.

Manfaat buah merah juga memiliki kandungan beta-karoten yang sangat tinggi, dimana beta-karoten sendiri adalah salah satu jenis antioksidan. Dan kandungan ini dianggap sanggup untuk melindungi tubuh dari segala serangan radikal bebas.

Baca Juga : Rekomendasi 8 Obat Herbal Wasir yang Mudah Anda Temukan

Maka tak heran jika buah merah juga dianggap dapat membantu untuk mengurangi resiko penyakit kanker hingga dianggap mampu untuk membantu memelihara kesehatan kulit. Bahkan buah merah juga dipercaya memiliki kebaikan untuk membantu menjaga kesehatan mata
Buah merah tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas ini bisa dikonsumsi sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan dan kaya akan manfaat.

Namun meski buah merah dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan digunakan sebagai pengobatan alternatif secara alami. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter ahli sebelum mengkonsumsi buah ini ya.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??