Faktor pemicu kanker tentu beragam, tahukah Anda bahwa paparan asap rokok dan polusi udara dapat meningkatkan risiko kanker? Betul sekali. Meskipun bukan Anda sendiri yang merokok, dengan menghirup asap rokok saja dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit mematikan ini.

Menghindari bahaya lingkungan dan faktor risiko penyebab kanker hampir tidak mungkin. Lagi pula, seseorang tidak dapat berhenti bernapas atau melaran gas beracun yang keluar dari kendaraan, pabrik, dan pabrik kimia. Lalu, bagaimana cara melakukan tindakan pencegahan?

Para ahli percaya bahwa beberapa perubahan gaya hidup sadar, dapat membantu Anda mengurang faktor risiko. Semuanya bermuara pada pemahaman faktor risiko dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Simak artikel ini sampai selesai, untuk mengetahui bahaya lingkungan yang bersifat kanker dan bagaimana Anda dapat menghindarinya.

Beberapa Faktor Pemicu Kanker

1. Sinar UV Matahari

Radiasi ultraviolet, umumnya dikenal sebagai radiasi ultraviolet matahari, sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Paparan UV dari matahari tidak berbahaya seperti tanning bed, sunlamps, dan perawatan kosmetik yang melibatkan UV. Soalnya, paparan radiasi ultraviolet menghasilkan kerusakan sel yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh tubuh.

Pada dasarnya, radiasi ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan serius pada DNA sel. Oleh karena itu, ini merupakan faktor risiko untuk jenis kanker kulit tertentu, terutama melanoma. Tahukah Anda bahwa lebih dari 3,5 juta orang telah didiagnosis menderita kanker kulit di Amerika Serikat saja? Yang lebih mengkhawatirkan adalah melanoma adalah penyebab sebagian besar kematian akibat kanker kulit.

Untungnya, mengurangi paparan sinar UV tidak sesulit pencemaran lingkungan. Yang Anda butuhkan hanyalah tabir surya dan pakaian yang ampuh untuk melindungi Anda dari paparan sinar UV. Juga, pastikan untuk menghindari berjemur berlebihan dan perawatan penyamakan kulit buatan.

2. Paparan Asbes

Faktor pemicu kanker paparan asbes, saat ini, lingkungan menghadapkan kita pada banyak bahaya kesehatan, seperti kanker mesothelioma yang merugikan. Jika Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan kondisi ini?

Asbes adalah serat mineral yang ditemukan di tanah dan batuan. Ini adalah penyebab utama kanker mesothelioma sejenis kanker yang belum ada obatnya. Kebanyakan orang terkena asbes di lokasi konstruksi, seperti yang biasa ditemukan pada bahan insulasi. Paparan asbes merupakan faktor risiko utama untuk kanker ovarium, paru-paru, dan laring. Ini juga merupakan penyebab utama mesothelioma.

Kebanyakan orang terkena dampak asbes karena bahaya pekerjaan, dan kerusakan semakin parah di kalangan perokok. Jika Anda mencurigai tempat kerja atau lingkungan rumah Anda terpapar asbes, pastikan untuk memberi tahu pihak berwenang dan segera melakukan pemeriksaan, jangan biarkan faktor pemicu kanker terus berkembang.

Apakah rumah Anda memiliki struktur yang rusak atau runtuh yang membutuhkan perbaikan? Asbes kemungkinan besar akan merayap di insulasi yang rusak dan drywall yang dibongkar. Langkah tepat untuk memeriksa asbes di rumah Anda jika Anda mengalami keluhan pernapasan dan masalah pernapasan yang tidak biasa.

3. Konsumsi Tembakau dan Asap Rokok

Tembakau adalah salah satu zat yang paling banyak dikonsumsi, dan membahayakan jutaan orang. Bahkan mereka yang tidak menggunakannya akhirnya terkena asap rokok dan racun kanker. Orang mengkonsumsi tembakau dalam rokok, cerutu, vape, dan beberapa bahkan mengunyah atau menghisap produk turunan tembakau.

Tahukah Anda bahwa tembakau merupakan penyebab nomor satu di balik kanker paru-paru, jenis kanker kedua yang paling umum? Asap tembakau memaparkan paru-paru kita pada sejumlah besar gas beracun, di mana karbon monoksida adalah yang paling mematikan.

Gas-gas ini membahayakan sistem pernapasan kita, melemahkan paru-paru kita, dan membuat tubuh kita terpapar radikal bebas dan sel kanker. Pada dasarnya, semua kanker mematikan berasal dari kelalaian kita, paparan racun, dan kebiasaan tidak sehat.

Menghindari dan berhenti konsumsi olahan tembakau dan menjauhi asap rokok akan membantu Anda mencegah berbagai penderitaan. Ingat, tidak ada produk tembakau yang aman, baik itu rokok elektrik, vape, atau produk tembakau kunyah.

4. Lemak Tubuh dan Obesitas

Apakah Anda berjuang dengan masalah pada berat badan atau menderita penyakit kronis yang disebabkan oleh obesitas? Sayangnya, obesitas adalah penyebab utama di balik berbagai penyakit mematikan, termasuk kanker, diabetes, dan komplikasi jantung.

Baca Juga : Mekanisme Terjadinya Kanker pada Tubuh yang Perlu Diketahui

Yang mengkhawatirkan, para peneliti telah menemukan bahwa obesitas merupakan faktor risiko yang menonjol pada lebih dari 13 jenis kanker yang berbeda. Risiko paling signifikan pada kanker payudara dan prostat , dua jenis kanker yang paling umum. Ketika dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang berkepanjangan dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, obesitas menjadi lebih mengancam jiwa.

Penelitian mengungkapkan bahwa obesitas merupakan 30% dari faktor risiko kanker payudara, ginjal, rahim, dan kolorektal. Untungnya, penurunan berat badan dan rezim manajemen dapat membantu menghilangkan faktor ini dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Juga bijaksana untuk membuat diet melawan kanker dengan menambahkan makanan yang membangun kekebalan ke dalam diet Anda.

Kita dapat mengontrol faktor lingkungan dan preferensi gaya hidup tertentu, seperti merokok dan konsumsi alkohol. Namun, kita tidak dapat melarang banyak faktor risiko, seperti polusi udara, asap rokok, dan paparan asbes di tempat kerja. Dalam hal seperti itu, kewaspadaan dan pencegahan adalah piliah teraman untuk menjauhkan risiko Anda dan tetap bebas kanker. Merubah beberapa perubahan gaya hidup sederhana, seperti berhenti merokok dan memakai masker, untuk mengurangi faktor pemicu kanker.

herbal penyakit jantung buah merah

Ekstrak Buah Merah Papua Herbal Untuk Penyakit kanker >> Hubungi

Taukah Anda obat herbal dengan berbagai manfaat termasuk didalamnya untuk menyembuhkan kanker, merupakan buah merah papua yang diolah menjadi minyak dan kapsul, sudah banyak yang memberikan testimoni buah merah khususnya dari CV Cahya Indonesia, Anda bisa mendapatkan sekarang juga dengan menghubungi kami, agen buah merah terbaik di Jakarta.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??