Kandungan buah merah memiliki manfaat yang sangat tinggi terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu buah yang berasal dari Papua sering dikonsumsi sebagai alternatif untuk melakukan pengobatan secara alami.

Buah merah ini sendiri disebut dengan nama Kuan Hsu oleh masyarakat asli Papua, dan berikut ini adalah kandungan dan manfaat yang ada pada buah merah.

Kandungan pada Gizi Buah Merah

Pandanus Conoideus adalah atau biasa disebut buah merah merupakan buah khas yang hanya tumbuh di Papua. Tak heran jika buah ini kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Padahal kandungan pada buah ini sangatlah baik bagi kesehatan, dan dalam 100 gram buah merah memiliki kandungan :

Air81,2 gram
Energi87 kalori
Protein2,6 gram
Lemak2,7 gram
Karbohidrat13,1 gram
Serat4,0 gram
Abu (ASH)0,4 gram
Kalsium (Ca)30 miligram
Fosfor (P)1 miligram
Besi (Fe)1,1 miligram
Natrium (Na)110 miligram
Kalium (K)140 miligram
Tembaga (Cu)0,10 miligram
Seng (Zn)0,3 miligram
Thiamin (Vit. B1)1,50 miligram
Riboflavin (Vit. B2)0,10 miligram
Niacin (Niacin)0,2 mg
Vitamin C (Vit. C)15 mg

 

Tips dan Cara Mengkonsumsi Buah Merah

pohon buah merah

Karena buah ini masih asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, untuk mengonsumsi buah ini bisa secara langsung atau dimakan mentah-mentah. Tapi buah ini juga bisa diolah dengan cara direbus ataupun dipanggang.

Selain itu biji dan juga daging dari buah ini bisa ditumbuk untuk kemudian dicampurkan dengan air lalu disaring. Dan hasilnya bisa dijadikan sebagai bumbu penambah masakan.

Manfaat Buah Merah bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan buah merah, Anda juga wajib mengetahui manfaat buah merah papua apa saja yang dimiliki buah ini :

1.) Mencegah Kanker

Buah merah mengandung tokoferol yang tinggi sekitar 11000 ppm, kandungan karoten 7000 ppm. Kedua zat ini merupakan jenis antioksidan yang sangat ampuh untuk melindungi sel sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kanker. Inilah alasan buah merah papua menjadi obat herbal kanker terbaik yang banyak dicari.

2.) Mencegah Diabetes

Kandungan tokoferol yang tinggi pada buah merah juga mampu meningkatkan kerja pankreas sehingga hormon insulin pun dapat bekerja lebih efektif untuk mengubah gula menjadi energi.

3.) Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tokoferol yang ada pada buah merah juga bisa sangat baik untuk membantu mengencerkan darah merah, serta mampu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Sehingga pembekuan darah tidak akan mudah terjadi dan mengurangi resiko penyumbatan darah.

4.) Menjaga Organ Kesehatan Mata

Buah merah adalah sumber betakaroten yang cukup tinggi, betakaroten ini sendiri merupakan salah satu jenis Vitamin A. Dan sangat baik bagi kesehatan organ mata.

Hal ini sudah dibuktikan oleh orang asli Papua yang memiliki kesehatan mata yang baik karena mengkonsumsi buah merah.

Baca Juga : Cara Mematikan Sel Kanker Dengan Herbal Alami

5.) Mencegah HIV atau AIDS dan Hepatitis B

Buah merah memiliki kemampuan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, dengan antioksidan yang tinggi, asam lemak omega-3 hingga omega-9. Kandungan ini berfungsi sebagai antivirus yang mampu menghambat pembentukan membran lipid virus.

Kekebalan tubuh yang menguat dengan rutin mengkonsumsi buah ini juga bisa mengurangi resiko terserang HIV dan Hepatitis, karena virus tidak bisa berkembang biak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Research Journal of Immunology menemukan jika buah merah mampu merangsang pembentukan imun untuk pasien yang mengidap penyakit HIV.

herbal penyakit jantung buah merah

Cahya Buah Merah Papua , pusat herbal berizin BPOM, tersedia kapsul dan minyak buah merah papua.

Itulah tadi kandungan buah merah beserta dengan segala manfaat yang dimilikinya, semoga dengan ulasan ini bisa membantu Anda untuk lebih mengenal khasiat dari buah ini ya.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??