Menstruasi atau Haid adalah proses peluruhan rahim atau peluruhan sel telur yang tidak dibuahi, proses ini juga sering dikenal dengan keluarnya darah dari vagina. Siklus menstruasi yang terjadi pada wanita ini terjadi kurang lebih 4 minggu atau satu bulan sekali.

Sebagian wanita akan merasa cemas jika tidak mengalami haid, atau tidak lancarnya proses haid. Banyak cara melancarkan haid, yaitu anda bisa melakukan olah raga dan memenuhi gizi yang diperlukan tubuh anda.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang wanita mengalami haid yang tidak teratur, faktor-faktor tersebut ialah stress, penyakit, tidak seimbangnya hormon. Beberapa hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi antara lain adalah follicle stimulating hormon (FSH), gonadotropin relasing hormon (GnRH), luteinizing hhormon (LH), progesterone, dan esterogen.

Siklus mestruasi cukup penting untuk seorang wanita. Saat sudah banyak obat melancarkan haid baik obat herbal atau kimia, mayoritas masyarakat di Indonesia lebih menyukai obat-obatan yang berbau herbal atau alam. Karena obat-obatan herbal tergolong aman dan efek samping yang cenderung lebih kecil dari obat-obatan kimia.

Manfaat Buah Merah untuk Memperlancar Haid

Buah merah atau yang sering disebut buah kuansu dapat membantu anda untuk melancarkan proses haid. Buah yang kaya akan oksidan ini tumbuh subur di daratan Papua, buah merah memiliki kandungan karoten, betakaroten, tokoferol, asam oleat, asam linolenat, asam linoleat, omega 3, dan omega 9.

Kandungan betakaroten dapat meminimalkan risiko terjadinya stres yaitu salah satu penyebab haid tidak lancar. Buah ini juga kaya akan anti oksidan yang cukup bagus untuk membantu tubuh anda menangkal radikal-radikal karena pada saat menstruasi tubuh anda akan mengeluarkan cukup banyak darah dan tubuh anda pun akan merasa mudah lelah.

Buah merah segar ataupun olahannya seperti minyak dan kapsul yang diolah dari sari buah merah, bisa Anda dapatkan di Cahya Buah Merah.

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Cara melancarkan Haid Secara Alami

1. Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat sangat perlu dilakukan, gaya hidup yang sehat mampu untuk menghindari terjadinya stress, dan menjaga kadar oksigen dalam darah anda stabil. Gaya hidup yang sehat meliputi olahraga dan memakan makanan yang sehat seperti lebih banyak memakan makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

2. Perbanyak Meminum Air Putih

Air putih atau air mineral cukup kaya akan oksigen dan mampu memperlancar metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancar sangat membantu proses atau siklus haid. Anda juga harus cukup menghindari minuman yang mengandung alkohol, dan kafein.

3. Istirahat

Istirahat yang cukup juga cukup penting untuk dilakukan. Terlalu banyak bergadang dan memaksakan diri tidak baik untuk tubuh anda karena bisa memicu stress, mengacaukan hormon di dalam tubuh, dan kelelahan.

Waktu tidur yang ideal adalah 7-8 jam sehari. Pada saat istirahat tubuh anda akan lebih mudah untuk menyeimbangkan hormon dan memulihkan keadaan tubuh anda yang kelelahan ataupun sedang terluka.

4. Memperhatikan Kesehatan Mental

Kesehatan mental cukup penting untuk diperhatikan karena saat terjadi stres atau depresi hormon kortisol pada tubuh anda akan meningkat dan mengganggu hormon hypothalamus atau hormon yang mengatur siklus menstruasi untuk bekerja.

Baca Juga : Obat Herbal Untuk Hernia Tanpa Operasi yang Aman Dikonsumsi

Anda bisa melakukan relaksasi, me time, berlibur, atau mengambil cuti kerja jika anda cukup merasa stress. Namun apabila anda mengalami depresi atau stress yang lebih serius anda bisa datang pada psikiater.

Demikian informasi mengenai cara melancarkan haid dan manfaat buah merah untuk memperlancar haid tanpa perlu repot. Semoga informasi yang diberikan berguna untuk anda.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??