Berdasarkan nilai manfaatnya, penting mengetahui bagaimana cara mengolah buah merah yang baik dan benar untuk menghindari terjadinya kesalahan. Sebab hal ini akan mempengaruhi kandungan nutrisinya, karena jika telah rusak maka tidak menutup kemungkinan mengeluarkan zat berbahaya.

Beberapa Cara Mengolah Buah Merah

Selain mempertahankan nutrisinya,mengetahui cara mengolah buah merah yang tepat juga bertujuan untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Dengan begitu akan bernilai ekonomis tinggi dan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. Berikut ini beberapa ulasannya:

  • Pisahkan terlebih dahulu antara bagian luarnya dan dalam (bonggol).
  • Siapkan panci dan air secukupnya, kemudian masukkan buah merah .
  • Pastikan saat proses merebus buah merahnya terendam semua.
  • Tunggu sampai sekitar 2 jam, selanjutnya angkat dan tiriskan.
  • Tumbuk buah merah menggunakan tumbukan yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Tumbuk hingga menjadi pasta.
  • Masukkan buah merah yang telah Anda tumbuk ke dalam air dingin.
  • Setelah air dalam ember pertama berubah merah, pindah ke wadah berikutnya.
  • Lakukan proses yang sama hingga warnanya semakin pudar.
  • Rebus air yang berwarna merah secara berulang.
  • Proses perebusannya cukup lama yakni sekitar 24 jam.
  • Buka penutup panci, kemudian pisahkan sari buah merah yang muncul di permukaan.
  • Perlu Anda ketahui kandungan air pada proses perebusan terbilang sedikit.
  • Rebus kembali sari buah merah untuk mensterilkannya agar tahan lama.
  • Simpan di botol yang tertutup rapat untuk menghindari bakteri masuk.
  • Hindarkan menyimpannya di bawah sinar matahari karena bisa merusak.

Baca Juga : Harga Sari Buah Merah Terbaru di Beberapa Daerah

Manfaat Buah Merah

Sell Red Fruit Oil Papua Singapore 100 cc

order sekarang buah

Sudahkah Anda tau manfaat buah merah , buah yang disebut juga kuansu merupakan buah yang hanya tumbuh di pedalaman Papua tepatnya pegunungan Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Jayapura, dan Manokwari. Cara pengolahannya cukup mudah misalnya dengan merebus atau mengambil sarinya. Berikut manfaatnya:

  1. Mengandung Kolesterol Baik

Baik secara sadar maupun tidak, masyarakat sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti gorengan atau olahan berminyak lainnya. Jika tidak mengimbaginya dengan pola hidup sehat maka bukan tidak mungkin jika lama-kelamaan akan muncul gangguan kesehatan.

Namun berbeda dengan yang ada di buah merah, kolesterol di dalamnya merupakan jenis baik HDL. Cocok untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes guna mengurangi dampak buruknya. Kabar baiknya, saat ini olahan sari tanaman tersebut sudah bisa Anda dapatkan di pasaran.

  1. Melawan Sel Kanker

Menurut beberapa penelitian yang beredar, buah merah memiliki kandungan anti kanker yang akan menghambat sel tersebut berkembang. Dengan demikian maka dapat mempercepat proses penyembuhan. Hanya saja pastikan mengetahui aturan mengkonsumsinya dengan tepat.

Jenis-jenis kankernya sendiri cukup banyak misalnya kanker serviks, paru-paru payudara, dan myeloma. Saat menderita masalah kesehatan satu ini seringkali emmbuat daya tahan tubuh lemah, untuk itu sangat penting melakukan beberapa kegiatan sesuai prosedur.

  1. Pengganti Minyak Sayur

Bagi Anda yang senang memasak menggunakan minyak sayur, bisa menggantinya dengan sari buah merah. Dikatakan jika kandungan asam lemak di dalamnya mirip dengan minyak kanola dan bekatul. Sedangkan untuk nutrisinya sendiri cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Agar nutrisinya tidak menghilang, pastikan mengolahnya tidak terlalu lama atau mencampurkan dengan beberapa bahan yang memiliki kandungan khusus. Sebab bisa saja yang awalnya memiliki dampak baik berubah menjadi racun dalam tubuh.

Demikian penjelasan mengenai cara mengolah buah merah yang bisa Anda praktekkan di rumah. manfaat di dalamnya sendiri cukup banyak, hanya saja perhatikan tata cara penyimpanan dan pengolahannya guna meminimalisir jika nantinya terdapat dampak buruk.

Jika Anda ingin mencari produk buah papua ini seperti, minyak buah merah , kapsul ataupun ekstraknya. Anda bisa membeli di CV CAHYA BUAH MERAH Jakarta, dijamin asli, sudah memiliki izin edar BPOM dan berlabel MUI. HARGA TERJANGKAU dan Produk Selalu Fresh Dari Buah Asli Pilihan Sehingga Mutu & Kualitas selalu Terjamin!

 

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??