Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa pada dasarnya stroke memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah stroke mata. Terdapat ciri-ciri stroke mata yang perlu Anda ketahui . Dengan begitu, tentu saja akan lebih mudah untuk waspada saat mendapatkan gejalanya lebih lanjut.

Apa Saja Ciri-ciri Stroke Mata?

ciri stroke mata

Perlu Anda ketahui bahwa adanya penyakit stroke mata umumnya terjadi karena penyumbatan pembuluh darah yang ada pada bagian retina seseorang. Padahal, retina tersebut memiliki manfaat untuk membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Berikut beberapa ciri-cirinya:

  1. Pandangan Mata Kabur

Seperti yang Anda ketahui ada banyak masalah yang dapat menyerang penglihatan. Salah satunya adalah pandangan mata yang kabur sampai kehilangan penglihatan pada salah satu mata. Hal tersebut bisa jadi ciri-ciri seseorang yang mengalami stroke mata.

Tidak jarang juga kebanyakan orang menganggapnya sebagai akibat dari usia yang sudah tua atau sekedar kelelahan. Padahal, bisa saja hal tersebut terjadi karena kondisi yang sangat serius. Oleh karena itu, saat mengalaminya ada baiknya untuk segera memeriksakannya lebih lanjut ke rumah sakit terdekat.

  1. Floaters

Merupakan salah satu ciri-ciri yang dapat terjadi saat seseorang mengalami stroke pada bagian mata mereka. Lantas apa yang arti  dari istilah floaters tersebut? Floaters sendiri merupakan bayangan benda yang berwarna abu-abu.

Bayangan tersebut pada dasarnya memiliki ukuran yang cukup kecil. Akan tetapi, tidak jarang juga kebanyakan orang dapat melihatnya dengan ukuran yang cukup besar. Seseorang akan melihatnya seperti melayang pada penglihatan. Hal tersebut terjadi saat darah menggumpal pada bagian tengah mata.

  1. Mata Terasa Nyeri

Kondisi yang satu ini dapat terjadi saat seseorang mengalami gejala stroke mata. Akan tetapi, terdapat pula beberapa kasus yang tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri sama sekali. Hal tersebut memang berbeda-beda apa setiap orang yang menderitanya.

Saat seseorang merasakan nyeri pada bagian mata tersebut tentu saja akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Apabila hal tersebut terjadi juga tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pemeriksaan lebih lanjut sangat penting.

  1. Hilangnya Penglihatan

Selain beberapa hal tersebut, ciri-ciri lainnya saat seseorang mengalami stroke mata adalah hilangnya penglihatan secara total. Hal tersebut dapat terjadi saat kasus stroke yang terjadi pada seseorang sudah cukup parah. Tidak heran jika penglihatan mereka tidak dapat berguna lagi.

Terlebih kondisi hilangnya penglihatan tersebut dapat terjadi secara bertahap atau tiba-tiba tanpa adanya gejala sama sekali. Tentu saja, apabila kondisi tersebut tidak segera mendapatkan penanganan tentu akan berisiko kehilangan penglihatan secara permanen.

Jual Buah Merah Papua Untuk Stroke

WhatsApp buah merah

Apa Saja Penyebab Stroke Mata?

Pada dasarnya, stroke mata dapat terjadi akibat adanya gumpalan darah yang terbentuk pada retina. Hal tersebut menyebabkan aliran darah yang ada menjadi tersumbat sehingga mata mengalami masalah. Lantas apa saja yang menyebabkan seseorang mengalami stroke mata tersebut?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit tersebut. Beberapa faktor tersebut antara lain adanya trauma pada mata, seseorang sudah menginjak usia lebih dari 40 tahun, seseorang yang merokok, atau kerusakan akibat perawatan menggunakan radiasi.

Faktor lainnya dapat terjadi akibat adanya gangguan pembekuan darah, penyakit kardiovaskular, penyempitan arteri leher atau arteri karotis, pembuluh darah yang meradang, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati.

Itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri stroke mata. Saat mendapati berbagai ciri-ciri seperti yang sudah ada tersebut, maka sangat penting bagi Anda untuk segera mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Oleh karena itu, pastikan untuk segera pergi ke rumah sakit terdekat.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??