Penyakit asam urat bisa dibilang merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang Indonesia terlebih lagi oleh orang yang sudah cukup lanjut usia. Penderitanya bisa saja anda, maupun orang-orang yang di sekitar anda. Saking umumnya penyakit ini, ciri penyakit asam urat pun sering kali diremehkan. Padahal asam urat bisa saja menjadi penyakit yang serius bahkan mematikan jika tidak ditangani dengan benar.

Penyakit asam urat yang dibiarkan lama kelamaan bisa memicu komplikasi asam urat yang sangatlah berbahaya. Tidak hanya menghambat aktivitas sehari-hari namun juga bisa menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan hampir setiap hari.

Karena itu dalam artikel ini akan dibahas ciri-ciri penyakit asam urat yang perlu anda waspadai. Jika 4 ciri ini muncul pada diri anda atau orang terdekat anda segera periksakan diri ke petugas medis terdekat dan mulailah perawatan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Beberapa Ciri Penyakit Asam Urat

ciri penyakit asam urat

1. Terasa Nyeri pada Bagian Persendian

Nyeri pada bagian persendian merupakan gejala yang paling umum terjadi pada penderita asam urat. Rasa nyeri ini berasal dari kadar asam urat yang sangat tinggi di dalam darah sehingga menyebabkan munculnya kristal urat di daerah persendian. Rasa nyeri ini biasanya menjadi ciri penyakit asam urat pada kaki karena memang rasa nyeri ini paling pertama muncul pada kaki.

Semakin lama rasa nyeri akan menjadi semakin parah bahkan bisa berlangsung selama 3-10 hari dengan frekuensi yang lebih sering pada malam hari. Sebelum menjadi semakin parah rasa nyeri ini harus segera diatasi.

2. Terasa Panas pada Bagian Sendi

Selain rasa nyeri, asam urat juga menyebabkan sensasi panas pada bagian persendian. Sensasi panas yang dirasakan oleh penderita asam urat ini masih berhubungan dengan proses pembentukan kristal urat yang dibahas sebelumnya. Pembentukan kristal urat sendiri bisa dibilang termasuk kategori peradangan. Yang mana menghasilkan sensasi panas dan sakit pada bagian yang meradang.

3. Kulit Memerah

Ciri penyakit asam urat selanjutnya adalah kulit yang memerah hal ini juga masih berhubungan dengan ciri sebelumnya. Sensasi panas dan peradangan yang terjadi pada bagian yang terbentuk kristal urat akan membuat aliran darah meningkat pada daerah yang meradang sehingga kulit pada bagian tersebut akan menjadi semakin merah.

4. Membengkak pada bagian yang Sakit

Setelah rasa nyeri, rasa panas, dan kulit memerah gejala tersebut kemudian akan diikuti dengan pembengkakan pada area yang sakit. Tidak hanya terjadi pada area yang sakit, pembengkakan juga akan mempengaruhi daerah sekitar yang terasa sakit umumnya adalah bagian persendian. Pembengkakan pada penderita asam urat bisa menjadi semakin parah seiring dengan berjalannya waktu dan membuat penderita tidak mampu bergerak secara leluasa lagi.

5. Terjadi Benjolan pada Kulit

Gejala yang terakhir dari penyakit asam urat ini adalah gejala yang harus paling diwaspadai oleh anda. Yaitu terjadinya benjolan pada kulit di bagian persendian, munculnya benjolan ini mengindikasikan bahwa asam urat sudah sangat kronis. Jika dibiarkan keberadaan benjolan ini akan merusak sendi.

Baca Juga : 3 Solusi Sakit Maag Tanpa Obat Kimia, Cukup Pakai yang Aman dan Alami

Itulah ciri penyakit asam urat yang sangat perlu anda waspadai, ada baiknya sebelum gejala di atas semakin parah. Penderita asam urat langsung dibawa berobat dan menerapkan langkah-langkah penyembuhan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah merah, buah merah memiliki khasiat untuk menyembuhkan dan meredakan gejala asam urat.

Sudah banyak suplemen yang mengandung buah merah yang bisa dijadikan alternatif obat. Jangan remehkan penyakit asam urat. Mulai dari sekarang anda harus memperhatikan ciri penyakit asam urat dan buah merah obat asam urat agar tidak diri anda dan sekeliling anda tidak bertambah parah kondisinya.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??