Selain karena kandungannya fungsi buah merah juga sangat banyak untuk masyarakat khususnya di Papua utamanya saat menjalankan upacara adat. Namun bagi Anda yang ingin merasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, telah tersedia produknya dalam beberapa bentuk.

Fungsi Buah Merah Bagi Masyarakat Papua

fungsi buah merah papua

Masyarakat Papua memanfaatkan buah merah untuk berbagai kebutuhan. Hal ini berdasarkan manfaat serta kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Oleh sebab itu sebagian besar dari mereka memiliki tubuh sehat berkat makanan alami yang mereka konsumsi setiap harinya.

  1. Sebagai Pewarna Alami

Sesuai namanya, buah merah mengeluarkan warna merah pekat yang seringkali masyarakat manfaatkan sebagai pewarna alami baik untuk makanan atau pembuatan benang tenun. Caranya yakni dengan mengeluarkan sari-sarinya kemudian mencampurkannya pada bahan utama.

Penggunaan buah merah sebagai pewarna alami makanan juga akan membuat olahan memiliki rasa lebih nikmat. Di samping itu juga bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang jika mengkonsumsinya dalam jumlah tepat. Oleh karenanya sangat wajar jika masyarakat papua memiliki tubuh sehat.

  1. Obat Herbal Berbagai Macam Penyakit

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah merah terbilang cukup banyak salah satunya yakni betakaroten bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan saat ini semakin banyak orang membutuhkannya baik dalam bentuk buah segar maupun berupa olahan, untuk manfaat buah merah papua .

Olahan dari buah merah tersedia sari atau minyak, jamu, serta suplemen dalam kemasan steril. Anda bisa mendapatkannya baik di marketplace maupun toko penyedia terdekat. Sebelum mengkonsumsinya sebaiknya baca aturan pakai serta perhatikan tanggal expirednya.

Disini :  Beli Minyak Buah Merah

  1. Bumbu Masakan

Pemanfaatan pasta buah merah salah satunya yakni untuk bumbu masakan. Namun sebelumnya harus melalui beberapa proses panjang agar bisa difungsikan. Sebelumnya rebus terlebih dahulu bagian luarnya dan campur dengan air secukupnya, kemudian tunggu sampai lunak.

Lanjutkan dengan mengambil buah merah yang sudah Anda rebus kemudian tumbuk hingga halus. Larutkan ke dalam air sampai warna beberapa kali pada wadah berbeda hingga menjadi bening. Untuk mengambil sarinya maka harus melalui proses perebusan kembali kurang lebih 24 jam.

  1. Menghasilkan Saus Merah

Meski terlihat besar namun perlu Anda ketahui bahwa bagian bisa dimanfaatkan adalah kulit terluarnya yang bentuknya layaknya buah nangka. Cara mengolahnya yakni dengan memisahkan dari bonggolnya, kemudian merebusnya sampai lunak agar mendapatkan tekstur yang pas.

Meski pada bagian terluar dari buah merah memiliki biji, namun dapat Anda konsumsi karena di dalamnya terdapat sari-sari. Stelah prose sperebusan, selanjutnya adalah menghaluskannya dengan cara tradisional. Sebagian masyarakat menggunakan tumbukan untuk mempertahankan rasa khasnya.

Baca Juga : Khasiat Buah Merah Wamena yang Perlu Anda Ketahui Jika Dikonsumsi

  1. Sebagai Makanan Pendamping

Populasi buah merah terbanyak tersebar di beberapa wilayah Papua mulai dari Ayamaru Sorong, daerah Pegunungan Jayawijaya, Timika, Jayapura, dan Manokwari. Umumnya masyarakat sekitar mengkonsumsinya secara langsung atau dipotong-potong kemudian merebus maupun mengovennya.

Oven yang masyarakat Papua gunakan yakni terbuat dari batu dan cara pemakaiannya masih sangat tradisional bersamaan dengan bahan lainnya. Hal ini justru membuat rasanya semakin nikmat karena pada saat proses pengolahannya mendapatkan unsur-unsur tambahan alami.

Perlu Anda ketahui, selain memiliki kandungan beta karoten, di dalam buah merah menjaga terdapat antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk melindungi dari radikal bebas. Sebab jika Anda biarkan menumpuk dalam tubuh maka bisa berakibat fatal karena bersifat karsinogenik.

Demikian penjelasan mengenai fungsi buah merah pada masyarakat Papua pada umumnya. bahan-bahan alami yang mereka konsumsi setiap harinya memberikan dampak positif terutama pada kesehatan serta daya tahan tubuhnya.

Jika Anda ingin mencari produk buah papua ini seperti, minyak buah merah , kapsul buah merah ataupun ekstraknya. Anda bisa membeli di CV CAHYA BUAH MERAH Jakarta, dijamin asli, sudah memiliki izin edar BPOM dan berlabel MUI. HARGA  Sangat TERJANGKAU dan Produk Selalu Fresh Dari Buah Asli Pilihan Sehingga Mutu & Kualitas selalu Terjamin.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??