Jantung merupakan salah satu organ vital yang perlu terjaga kesehatannya. Sangat penting untuk memperhatikan kesehatan organ tersebut agar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang sangat mengganggu bahkan merugikan. Sebagai informasi, ketahui juga apa saja gejala jantung bermasalah.

Apa Saja Gejala Jantung Bermasalah?

gejala jantung bermasalah

Saat organ jantung mengalami masalah, tentu saja kondisi tersebut dapat membahayakan kesehatan seseorang. Pasalnya, fungsi organ tersebut adalah untuk memasok darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, apabila Anda mendapati gejala yang bermasalah segera bawa ke dokter. Berikut beberapa gejalanya:

  1. Nyeri Dada Menjalar

Ada banyak gejala dari jantung saat mengalami masalah. Gejala yang cukup sering terjadi adalah adanya rasa nyeri pada bagian dada yang menjalar. Adapun rasa nyeri yang menyerang tersebut layaknya terdapat benda berat menekan dada khususnya bagian kiri.

Gejala nyeri tersebut seringkali menjalar ke bagian tubuh lainnya. Misalnya seperti leher, lengan kiri, atau rahang yang terasa seperti sedang sakit gigi. Tidak jarang juga rasa tersebut menjalar hingga menembus ke bagian punggung. Hal tersebut umumnya terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah.

  1. Napas Terasa Sesak

Saat jantung bermasalah, gejala lain yang dapat terjadi adalah napas yang terasa sesak. Hal tersebut umumnya dapat terjadi ketika jantung yang harus memompa darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan. Rasa sesak terjadi karena organ tersebut tidak dapat memompanya dengan baik.

Contoh dari kondisi yang satu ini adalah darah yang mulai menumpuk pada jaringan paru-paru. Nantinya, cairan yang ada dalam paru-paru tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami sesak saat bernapas. Salah satu penyakit yang sering terjadi dengan gejala ini memiliki istilah gagal jantung.

Sell Red Fruit Oil Papua minyakSingapore 1

Jual Buah Merah Papua Herbal Mengatasi Penyakit Jantung  >> Order Sekarang

  1. Dada yang Berdebar

Seperti yang Anda ketahui, jantung adalah salah satu organ yang akan memompa darah dengan ritme yang teratur dan otomatis. Jantung ini sendiri bahkan tidak akan berhenti melakukan pekerjaannya saat seseorang sedang tertidur sekalipun.

Adapun fungsi ini dapat bekerja akibat adanya aliran listrik yang ada pada jantung. Hanya saja, apabila kondisi tersebut mengalami masalah maka akan dapat menyebabkan adanya gangguan ritme pada jantung yang bernama aritmia. Hal tersebut akan menyebabkan dada terasa berdebar tanpa sebab.

  1. Lebih Mudah Lelah

Saat seseorang merasakan kelelahan secara terus menerus tanpa adanya aktivitas berat maka hal tersebut bisa terjadi akibat adanya gangguan pada jantung. Tubuh sendiri dapat merasakan lelah akibat tubuh tidak mendapatkan sumber tenaga pada semua selnya.

Sementara sumber tenaga tersebut mengalir lewat darah dan jantunglah yang mensuplainya. Tidak heran apabila jantung tersebut tidak dapat lagi memompa dengan baik tubuh tidak akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga lebih mudah lelah.

  1. Gejala Lainnya

Gejala umum lain yang dapat menandakan jantung mengalami masalah adalah pusing. Hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan darah serta oksigen ke otak sehingga akan menyebabkan seseorang mengalami pusing kepala. Tidak hanya itu saja, beberapa orang lain mungkin merasakan gejala lebih.

Baca Juga : Tanda Tanda Serangan Jantung yang Perlu Anda Waspadai

Contohnya seperti lebih mudah mengantuk, pingsan, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga dapat terjadi saat jantung tidak sehat. Tidak jarang juga seseorang akan mengalami gangguan pada pernapasan mereka seperti batuk akibat penumpukan cairan pada paru-paru.

Itulah beberapa gejala jantung bermasalah yang perlu Anda waspadai lebih lanjut. Jika mengalaminya ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke rumah sakit terdekat. Agar nantinya gejala yang ada tersebut tidak semakin memperparah keadaan seseorang.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??