Apa itu kanker? Kanker adalah penyakit dari sel rusak atau abnormal yang bisa tumbuh di dalam tubuh manusia. Sel kanker itu timbul akibat mutasi atau perubahan genetik, dan tidak bisa diperbaiki. Penyakit ini jarang diwariskan oleh orang tua kepada anak.

Sebagian besar kasusnya penyakit ini muncul dari pola hidup masing-masing individu. Jadi perlu anda ketahui, walaupun anda sehat anda tetap bisa rentan terkena sel kanker kapan saja.

Proses Terjadinya Kanker

Mekanisme pertumbuhan sel kanker terjadi akibat adanya perubahan pada sel-sel normal. Bisa dipicu oleh sinar UV, sinar x, dan zat-zat kimia lainnya. Seperti karsinogen, Benzopyrene, dll.

Normalnya, sel-sel yang kita miliki selalu pada jumlah yang tepat. Itu terjadi karena sel-sel memberikan sinyal untuk mengendalikan seberapa banyaknya dan seringnya sel-sel bisa bertambah. Kalau sinyal yang diberikan ada yang salah atau hilang, makan sel-sel akan mencoba untuk memperbanyak diri.

Proses ini bisa tidak terkendali sehingga akan menimbulkan benjolan atau tumor di dalam tubuh.  Berikut adalah peran pembelahan sel dan mutasi gen dalam proses terjadinya kanker:

1.) Pembelahan sel

Di dalam tubuh manusia, masing masing sel memiliki fungsi yang berbeda-beda. Walaupun pada dasarnya sel di dalam tubuh manusia itu semuanya mirip. Di dalam sel-sel ada sebuah pusat kendali yang di beri nama nukleus (inti sel).

Di dalam nukleus terdapat sebuah kromosom yang dibuat dari banyaknya gen. Gen ini berisikan untaian panjang DNA (deoxyribonucleic acid) yang berperan penting dalam memberikan pesan kode kepada sel-sel bagaimana mereka berperilaku.

Dari situ, gen memberikan perintah atau instruksi kepada sel yang berupa protein atau jenis molekul lain seperti RNA. RNA adalah molekul yang terlibat dalam peran biologis dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi gen.

Maka dari itu, protein dan RNA bersamaan mengendalikan cara kerja sel. Protein dan RNA menentukan akan seperti apa sel, apa yang dilakukan sel, dan kapan sel-sel akan membelah atau mati.

2.) Mutasi gen

Gen memiliki peran untuk memastikan pertumbuhan dan reproduksi sel-sel agar selalu teratur dan terkendali. Hal ini sangat penting agar reproduksi sel-sel adalah yang dibutuhkan sehingga tubuh terjaga kesehatannya.

Tetapi sewaktu-waktu gen dapat berubah atau bermutasi ketika sel dalam proses pembelahan diri. Mutasi bisa terjadi akibat dari gen yang sudah rusak atau hilang, atau gen yang disalin dua kali. Kejadian ini bisa kebetulan dan kapan saja ketika sel membelah diri.

Mutasi ini juga bisa terjadi ketika sel tidak memahami intruksi yang diberikan gen kepadanya sehingga sel tumbuh tak terkendali. Dibutuhkan sekitar enam mutasi berbeda untuk sel normal agar bisa berubah menjadi sel kanker. Disitulah permulaan dari Mekanisme Pertumbuhan Sel Kanker.

Sell Capsule Red Fruit Oil Papua Singapore H1A

Jual Buah Merah Papua Herbal Untuk Kanker berizin BPOM >> Testimoni Buah Merah

Tiga Tahapan Terjadinya Mekanisme Pertumbuhan Sel Kanker

1.) Inisiasi

Tahapan ini adalah tahapan awal ketika struktur gen dalam sel somatik mulai bermutasi. Prosesi ini membuat perkembangan sel menjadi tidak normal. Di tahap ini, sel tidak normal atau telah rusak masih bisa dikendalikan dan balik seperti semula.

2.) Promosi

Tahapan ini adalah awal dari perkembangan sel yang terinisiasi. Sel membentuk klon dari proses pembelahan, dan melakukan interaksi antar sel. Di tahap ini, sel tidak normal atau telah rusak masih bisa dikendalikan tetapi tidak bisa kembali seperti semula.

Baca Juga : Faktor Pemicu Kanker Dari Bahaya Lingkungan yang Sering Diabaikan

3.) Progresi

Tahapan ini adalah tahapan terakhir ketika pembelahan sel sudah tak terkendali. Terjadinya instabilitas genetik yang menimbulkan perubahan mutagenik dan epigenetik. Di tahap ini, sel kanker menyebar keseluruh tubuh, tidak bisa dikendalikan dan tidak bisa kembali menjadi normal.

Itulah penjelasan tentang Mekanisme Pertumbuhan Sel Kanker. Semoga informasi di artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, dan kita bisa paham betul tentang proses terjadinya kanker.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??