Kanker prostat merupakan penyakit yang biasa diderita pria dengan risiko kematian yang cukup tinggi. Prostat merupakan kelenjar yang terletak di kandung kemih pria, bentuk dari kelenjar prostat ini seperti kacang.

Tanda-tanda kanker prostat , Penyebab kanker prostat ialah mutasi atau perubahan genetik sel-sel pada kelenjar prostat. Namun, penyebab dari mutasi ini belum dapat diketahui secara pasti. Selain itu, penyebab dari kanker prostat lainnya seperti pertambahan usia, pola tidak sehat, menderita penyakit seksual menular, dan menderita obesitas. Sebelum terlambat, Anda perlu mengetahui tanda-tanda kanker prostat berikut ini:

Ketahui Tanda-tanda Kanker Prostat

tanda kanker prostat

  1. Sulit buang air kecil
    Tanda ini cukup sering dialami oleh penderita kanker prostat. Gejala ini dimulai ketika Anda kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Kesulitan mengosongkan kandung kemih ini juga bisa disebabkan oleh bocornya kandung kemih sehingga urin terus menerus menetes meskipun Anda sudah selesai buang air kecil.
  2. Urin atau air mani mengandung darah
    Darah yang keluar bersama urin atau air mani ini biasanya hanya berupa bercak atau berwarna merah muda, namun Anda perlu mewaspadai gejala ini. Munculnya darah ini juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran kandung kemih.
  3. Nyeri saat buang air kecil
    Saat kesulitan buang air kecil, biasanya disertai dengan nyeri sekitar kandung kemih. Rasa nyeri ini umumnya sangat menyiksa ketika Anda berusaha untuk buang air kecil atau mengeluarkan urin.
  4. Sering buang air kecil
    Tanda-tanda kanker prostat ini diakibatkan karena uretra tertekan akibat pertumbuhan sel kanker. Akibat dari tanda-tanda ini biasanya Anda akan sering bolak-balik ke kamar mandi dan hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Biasanya, tanda-tanda ini juga sering terjadi pada malam hari dan tentunya akan mengganggu pola tidur Anda.
  5. Masalah ereksi
    Tanda ini disebut juga dengan impotensi. Masalah ereksi ini ditandai dengan Anda yang kesulitan mempertahankan ereksi dan mengalami penurunan gairah seksual saat sedang melakukan hubungan seksual.

Baca Juga : Macam-Macam Penyakit Kanker dan Gejalanya

Cara pencegahan kanker prostat

  • Menghindari makanan tinggi kadar lemak
    Anda sangat disarankan untuk makan makanan rendah lemak dan mengganti makanan lemak hewani menjadi lemak nabati. Menurut penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan, makanan tinggi kadar lemak dapat menyebabkan kanker prostat.
  • Menjaga pola makan sehat
    Salah satu penyebab kanker prostat ialah obesitas, sehingga Anda perlu untuk menjaga pola makan sehat dan teratur dan hindari makan makanan yang tinggi kadar lemak dan gula. Sangat disarankan untuk perbanyak ikan seperti ikan salmon, herring, dan tuna yang kaya akan omega 3 serta dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.
  • Perbanyak mengonsumsi buah merah
    Salah satu pola hidup sehat yang dapat mengindarkan Anda dari kanker prostat yaitu dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Menurut penelitian, pria yang mengonsumsi buah merah memiliki risiko lebih rendah dibanding orang yang tidak mengonsumsi buah merah. Hal ini dikarenakan buah merah mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen yang dapat mencegah kanker.
  • Rutin Olahraga
    Cara pencegahan kanker prostat berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat dan tentunya menjaga berat badan Anda tetap normal.

Itulah tanda-tanda kanker prostat yang wajib Anda ketahui agar Anda dapat dengan segera konsultasi dengan dokter apabila mengalami tanda-tanda tersebut di atas. Selain itu, Anda juga dapat mencegah kanker prostat dengan pola hidup sehat.

Jika Anda butuh obat herbal kanker prostat silahkan hubungi nomor WhatsApp tertera, admin kami akan membantu Anda untuk mendapatkan olahan buah merah berizin BPOM di Jakarta.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa?? yukk konsultasi gratis