Asam merah Papua adalah sebuah tanaman buah yang hanya tumbuh di Papua. Menurut masyarakat Papua, khususnya masyarakat Wamena, buah ini disebut juga sebagai buah Kuan Hsu atau Kuansu.

Tanaman asam merah Papua ini berbentuk seperti pohon pandan, karena perlu Anda ketahui, asam merah Papua termasuk dalam kelas tanaman pandan-pandanan atau nama ilmiahnya adalah Pandanus Conoideus.

Kandungan Asam Merah Papua

Bagi masyarakat Papua, khususnya Wamena, buah ini biasa disajikan saat ada pesta adat atau pun bisa dijadikan sebagai obat. Karena, buah ini sedari dulu sudah dikonsumsi dan mengandung berbagai macam khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Tinggi tanaman ini mencapai 16 meter, warna buah saat matang berwarna merah marun yang terang, namun ada juga jenis buah yang berwarna coklat dan coklat kekuningan.

Buah ini disebut juga sebagai buah keajaiban, karena buah ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan penyakit serius sekalipun. Tahukah Anda bahwa tanaman ini hanya bisa ditemukan di Papua?

Ya, seperti namanya, buah ini kurang familiar di telinga kita, namun bagi masyarakat Papua, buah ini sangatlah berkhasiat dan juga kaya akan nutrisi untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh.

Di bawah ini terdapat kandungan gizi yang bisa didapat dari 100 gram asam merah Papua yaitu:

• Lemak : 2.7 gram
• Energi : 8.7 kalori
• Air : 81,2 gram
• Protein : 2,6 gram
• Besi : 1,1 gram
• Seng : 0,3 gram
• Vitamin C : 15 mg
• Thiamin : 1,50 mg
• Tembaga : 0,10 gram
• Karbohidrat : 13, 1 gram
• Serat : 4,0 gram
• Kalsium : 3,0 mg

Selain kandungan di atas, buah ini juga mengandung zat kalsium, fosfor, natrium, kalium dan lain sebagainya. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan.

Selain itu, buah ini juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh di masa pandemi ini. Karena, imun tubuh merupakan tameng penting yang harus diperhatikan di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda.

Adapun manfaat lain yang bisa didapat dari buah asam merah Papua ini adalah:

  • Membantu mencegah diabetes

Kandungan tokoferol dalam buah merah dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Karena, tokoferol membuat hormon insulin bekerja lebih efektif untuk mengubah kadar gula menjadi energi.

  • Mencegah HIV/AIDS dan Hepatitis B

Buah ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga resiko terkena penyakit HIV dan Hepatitis B kecil. Selain itu, buah ini juga bermanfaat sebagai antivirus.

  • Mencegah kanker

Kandungan antioksidan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, salah satu penyebab terjadinya kanker. Kandungan antioksidan juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Ini yang membuat buah ini banyak menjadi solusi obat herbal kanker.

Perlu Anda ketahui, cara mengkonsumsi makanan ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni dimakan saat mentah atau diolah terlebih dahulu, seperti direbus atau dipanggang. Atau Anda bisa mendapatkan olahan buah merah yang terbukti higienis sudah berizin BPOM di CV Cahya Indonesia.

Baca Juga : Buah Merah Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas

Bagian biji dan daging dari buah merah ini juga bisa dijadikan sebagai bumbu untuk masak. Caranya dengan menumbuk daging dan biji buah merah, lalu campurkan tumbukan yang sudah halus dengan air, dan saring.

Selain manfaat di atas, buah merah juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin C yang ada. Masalah tekanan darah tinggi pun bisa diatasi dengan buah merah ini. Buah ini juga dipercaya sebagai obat herbal asma bronkitis.

Meskipun banyak khasiat yang bisa diambil dari buah ini, sebelum mengkonsumsinya, Anda bisa berkonsultasi dulu ke dokter untuk memastikan tubuh Anda bisa mengkonsumsi buah ini atau tidak.

Kini, buah asam merah Papua juga bisa Anda dapatkan di CV Cahya Indonesia, tentunya dengan harga yang bervariasi. Jadi, Anda tidak perlu repot membelinya langsung ke Papua, karena zaman sekarang semuanya sudah serba mudah.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??