Dalam masa kehamilan, sangat penting untuk menjaga dan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya ialah buah-buahan. Tidak semua buah boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil, karena hal tersebut dapat mengganggu perkembangan janin. Bahkan terdapat jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Buah Pantangan Ibu Hamil

rumput kebar program hamil

Agar Anda mengetahui apa saja buah pantangan yang dihindari ibu hamil, maka simak ulasannya di bawah ini.

  1. Anggur

Kandungan resveratrol pada buah anggur memiliki dampak bagi ibu hamil, yaitu membuat hormon menjadi tidak stabil.  Resveratrol sendiri merupakan bagian senyawa dari antioksidan yang biasa ditemukan pada anggur merah.

Pada masa kehamilan, umumnya ibu hamil akan menjadi lebih sensitif dikarenakan perubahan pada hormon-hormon tertentu di dalam tubuh, salah satunya ialah progesteron. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari mengonsumsi anggur secara berlebihan agar tidak mengganggu kestabilan hormon.

  1. Nanas

Nanas banyak dipercaya sebagai buah yang perlu dihindari untuk dikonsumsi oleh iu hamil. Pasalnya kandungan bromelain yang terdapat pada nanas dapat memecah protein.

Kandungan bromelain ini mampu untuk melunakkan serviks atau leher rahim. Serviks merupakan tempat untuk lewatnya bayi pada saat proses persalinan. Apabila serviks menjadi lunak, maka dapat terjadi keguguran atau persalinan dini.

Agar mencegah hal tersebut, tidak salah jika Anda ingin berhati-hati dalam menjaga kehamilan. Namun untuk menemukan buah-buahan yang tepat untuk boleh dan tidaknya dikonsumsi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

  1. Pisang mentah

Pisang yang matang mungkin mendatangkan manfaat bagi ibu hamil. Namun, dengan pisang yang mentah dapat memberikan dampak yang negatif pada kandungan.

Jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil ini dikarenakan pada pisang mentah terdapat kandungan pati resisten yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, juga pada pisang mentah terdapat kandungan tanin yang tinggi yang bisa memperlambat proses pergerakan makanan di dalam usus dan menyebabkan sembelit.

Oleh karena itu, pisah mentah menjadi salah satu buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil dan lebih baik untuk mengonsumsi pisang yang sudah matang.

  1. Pepaya

Pada studi penelitian yang dipublikasikan di dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2022, mengungkap bahwa mengonsumsi pepaya dengan kematangan yang normal, tidak terlalu berbahaya.

Namun, apabila mengonsumsi pepaya yang masih mentah atau dengan kematangan yang tidak normal, pepaya dapat menimbulkan kontraksi pada ibu hamil. Hal ini karenakan kandungan lateks yang terdapat pada pepaya.

Selain itu, pepaya juga terdapat kandungan papain yang mampu menyebabkan induksi persalinan (stimulasi untuk merangsang kontraksi rahim).

  1. Durian

Mengonsumsi durian saat hamil, memiliki dampak dan resiko yang besar bagi janin. Hal ini dikarenakan pada buah durian terdapat kandungan asam dan alkohol yang berasal dari asam arachidonat.

Selain itu, durian juga memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat membuat janin akan mengalami kelebihan berat badan jika mengonsumsinya secara berlebihan. Janin yang mengalami kelebihan berat badan dapat menyulitkan proses persalinan. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari buah satu ini.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Dia Cara Menyehatkan Ginjal Secara Alami Tanpa Obat

Itulah, beberapa buah-buahan yang dihindari saat hamil, termasuk dengan jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Sebelum mengonsumsi buah, sayur, ataupun makanan jenis apapun, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi pada dokter untuk dapat menemukan makanan yang tepat dan bermanfaat bagi kesehatan janin. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa?? yukk konsultasi gratis