Cara mencegah stroke di bawah ini bisa Anda lakukan untuk lebih mewaspadai salah satu penyakit yang menjadi faktor kematian ini. Selain penyakit kanker dan penyakit jantung, Stroke juga dianggap salah satu penyakit yang serius.

Sebab penyakit ini tidak hanya bisa menyebabkan kecacatan, namun juga berakibat fatal hingga kematian.

Nah, apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit stroke sejak dini.

Cara Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Mengingat penyakit satu ini dapat menyerang secara tiba-tiba dan mampu mengakibatkan kecacatan serius hingga berujung pada kematian. Maka melakukan pencegahan adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit ini.

Berikut ini caranya :

1.) Mengetahui Resiko Stroke

Lakukan konsultasi dengan dokter agar bisa mendeteksi dan mengetahui apakah Anda memiliki resiko untuk mengalami stroke. Dengan begitu Anda juga akan mendapatkan saran untuk melakukan tindakan agar terhindar dari stroke.

Penyakit ini sendiri memiliki beberapa faktor resiko yang bisa dikontrol, dan berikut ini adalah beberapa faktor tersebut :

1.) Memiliki penyakit jantung.

2.) Riwayat stroke.

3.) Kolesterol tinggi.

4.) Diabetes mellitus.

5.) Perokok.

6.) Gaya hidup yang tidak sehat.

7.) Hipertensi.

Sedangkan ada juga beberapa faktor stroke yang tidak bisa dikontrol, antara lain :

1.) Usia.

2.) Jenis kelamin.

3.) Faktor genetik.

2.) Periksa Tekanan Darah Secara Rutin

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor terjadinya penyakit stroke, oleh sebab itu sebaiknya Anda selalu rutin untuk memeriksakan tekanan darah Anda.

Jika tekanan darah terlalu tinggi atau diatas 140/90 mmHg, maka Anda wajib berkonsultasi dengan dokter.

Atur pola makan dan olahraga teratur serta lakukan terapi dengan obat antihipertensi jika diperlukan.

3.) Cek Resiko Penyakit Jantung

Beberapa keluhan yang Anda rasakan seperti :

1.) Dada terasa berdebar.

2.) Irama jantung tidak beraturan.

3.) Mudah lelah.

4.) Nyeri pada dada kiri dan menjalar ke bahu atau punggung bagian kiri.

Gejala-gelaja tersebut merupakan tanda-tanda penyakit jantung, maka coba konsultasilah ke dokter jantung. Agar dokter bisa menentukan tindakan dan terapi yang bisa Anda lakukan.

Karea penyakit jantung sendiri merupakan salah satu penyebab penyakit stroke.

4.) Mengendalikan Diabetes

Kendalikan diabetes dengan cara diet rendah karbohidrat dan gula, lakukan olahraga rutin dan jika perlu konsumsi antidiabetik.

Sebab seorang yang mengidap diabetes bisa memiliki resiko besar untuk terserang stroke. Sehingga dengan mengendalikan diabetes bisa menjadi salah satu cara mencegah stroke yang bisa Anda lakukan.

5.) Menurunkan Kolesterol

Mengatur pola makan dengan menerapkan diet rendah lemak serta rutin mengkonsumsi sayur dan buah menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Bahkan dalam kondisi parah, Anda harus mengkonsumsi obat penurun kolesterol.

Kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu faktor stroke yang tak bisa dihindari.

6.) Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah cara mencegah stroke dan salah satu kunci utama hidup sehat. Sehingga kebiasaan buruk yang sangat merugikan kesehatan tidak boleh Anda anggap sebelah mata, sekecil apapun kebiasaan itu.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat kita juga akan mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti darah tinggi, diabetes hingga kolesterol yang tinggi.

Baca Juga : Pengobatan Stroke Iskemik Cara Penanganannya

Sebab beberapa penyakit tersebut merupakan faktor utama dari serangan stroke yang kadang bisa terjadi secara mendadak.

Hindari atau bahkan berhentilah merokok dan mulai jalani kebiasaan hidup sehat dengan rutin olahraga. Makan makanan yang sehat yang kaya akan vitamin dan tinggi serat juga bisa menjadi cara yang bisa Anda gunakan untuk memulai kebiasaan sehat.

Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup dan hindari stres, agar hidup Anda bisa lebih sehat. Anda bisa mengkonsumsi obat herbal mencegah stroke atau obat herbal stroke dari CV Cahya Indonesia, dengan membeli langsung di tempat kami Agen buah merah Jakarta berizin BPOM.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??