Stroke merupakan penyakit paling berbahaya di dunia. Sudah banyak nyawa terenggut akibat penyakit tersebut. Bahkan karena ada beberapa Jenis penyakit stroke membuat kita semakin waspada. Sebelum itu, apa sih penyakit stroke ini?

Stroke adalah salah satu penyakit yang menyerang saraf otak manusia. Karena disebabkan oleh asupan darah menuju otak terganggu sehingga saraf otak mengalami kekurangan nutrisi maupun oksigen. Dan pada akhirnya membuat sel-sel otak mati.

Jenis Penyakit Stroke yang Harus Diketahui

proses terjadinya stroke

Penyakit stroke ini sendiri dibedakan ke dalam beberapa jenis sesuai dengan gejala dan kondisi yang dialami, berikut ini adalah pembahasan lengkapnya :

1.) Stroke Ringan

Stroke ringan atau dikenal dengan Transient Ischemic Attack (TIA) merupakan salah satu jenis stroke yang disebabkan oleh kekurangan darah pada sistem saraf dan berlangsung cukup singkat.

Jenis penyakit stroke ringan ini awalnya terjadi ketika adanya pembekuan darah yang menghambat aliran darah pada saraf otak. Namun, tak perlu panik, sebab penyumbatan ini hanya berlangsung singkat dan tidak menyebabkan kerusakan jaringan parah.

Umumnya seseorang yang mengalami Stroke ringan hanya berlangsung selama beberapa menit saja, bahkan jika dalam waktu hitungan jam pun tidak lebih dari 24 jam lamanya.

2.) Stroke Hemoragik

Tipe stroke satu ini memang cukup jarang terjadi dialami oleh seseorang, namun terkenal cukup berbahaya, lho. Sampai-sampai apabila seseorang mengalami gejala Stroke Hemoragik bisa menyebabkan kematian. Pengobatannya pun cukup lama sampai berbulan-bulan.
Nah ada dua penyebab terjadinya Stroke Hemoragik ini, yakni akibat pendarahan intraserebral dan perdarahan subarachnoid.

Perdarahan Intraserebral

Perdarahan ini diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah yang menuju jaringan otak. Dan akhirnya membuat sel-sel pada otak mati sehingga berdampak kinerja otak yang terhenti.

Perdarahan Subarachnoid

Sedangkan perdarahan subarachnoid dikarenakan pecahnya pembuluh darah pada permukaan otak dan bisa juga terjadi akibat darah bocor di antara otak dan tulang tengkorak. Umumnya penyebab pendarahan ini juga dikarenakan pecahnya aneurisma pada saraf.

3.) Stroke Iskemik

Kebalikannya dari stroke hemoragik. Kalau jenis penyakit stroke Iskemik ini sering dialami oleh masyarakat. Karena hal tersebut bisa terjadi lantaran tiba-tiba terdapat gumpalan dari yang menyumbat aliran oksigen dan darah menuju sel otak. Hingga mengakibatkan otak mati karena kurangnya oksigen dan nutrisi yang masuk.

Kalian juga perlu tahu nih, kalau Stroke Iskemik terdapat dua tipe berbeda dan tentunya kalian semua wajib tahu agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini.

4.) Stroke Emboli

Berbeda dengan stroke lainnya, kalau Emboli ini bisa terjadi karena adanya gumpalan darah yang terdapat pada bagian saraf tubuh lainnya (bukan hanya otak) dan saraf tersebut yang mengalirkan darah ke otak. Umumnya salah satu akibat dari Stroke emboli adalah terjadinya serangan jantung ringan atau munculnya penyakit aritmia.

Lantaran resiko yang cukup tinggi, penulis pun sangat menyarankan kamu tuk langsung ke dokter tuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
herbal penyakit jantung buah merah

Obat Herbal stroke berizin BPOM, tersedia kapsul dan Kapsul buah merah papua di CV Cahya Indonesia

5.) Stroke Trombotik

Stroke trombotik bisa terjadi akibat adanya gumpalan darah pada darah arteri yang merupakan penyuplai darah menuju otak. Faktanya juga Jenis Penyakit Stroke satu ini bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa kita bisa prediksi terlebih dulu.

Kenapa bisa begitu? Karena menurut para dokter dan ahli, Stroke Trombotik awalnya terjadi akibat munculnya gejala-gejala pada stroke ringan dan berlangsung kurang dari 24 jam. Walau terdengar sepele, kita yang mengalami gejala tersebut tidak boleh menganggap remeh.

Baca Juga : Kasus Stroke yang Pernah Dialami Artis Terkenal Indonesia

Ada baiknya yuk segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih baik lagi. Dan supaya kita pun terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Beberapa jenis penyakit stroke memang ada yang tidak terlalu berefek. Namun, kita sebagai manusia pun gak boleh sampai meremehkan Stroke ini. Untuk itulah yuk, mari sama-sama menjaga pola hidup kita agar terhindar dari penyakit berbahaya seperti stroke.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??