Kasus stroke merupakan penyebab kematian ketiga di Indonesia, setelah kardiovaskular dan kanker. Hal itu dikarenakan perlunya penanganan medis dengan segera untuk penyakit stroke. Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, stroke dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan kematian.

Apa itu stroke?

etiologi stroke

Stroke merupakan keadaan darurat medis yang disebabkan oleh kerusakan otak akibat gangguan suplai darah. Tanpa adanya suplai darah yang mengalir ke otak akan menyebabkan tidak adanya asupan oksigen dan nutrisi bagi otak.
Hal tersebut menyebabkan sel-sel pada sebagian otak mati sehingga anggota tubuh yang dikendalikan mengalami disfungsi.
Gangguan suplai darah yang menjadi penyebab stroke dapat terjadi karena penyumbatan (iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (hemoragik).
Stroke iskemik dapat dipicu oleh penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti obesitas, kolesterol. Stroke jenis ini juga dapat terjadi karena kondisi psikologis seperti stres berkepanjangan.
Kebiasaan merokok, minum alkohol, atau pemakaian narkoba dapat memicu stroke hemoragik. Stroke ini juga dapat disebabkan oleh penyakit seperti hipertensi, tumor otak, hemofilia, cedera kepala berat, dll.

Kasus Stroke artis di Indonesia

Di tahun 2018 tercatat 2.565.601 kasus stroke berdasarkan data pusdatin Kemenkes RI. Berdasarkan jenis kelamin terdapat 49,9% pasien perempuan dan 50,1% pasien laki-laki dan kebanyakan berusia usia 45-74 tahun.
Menurut WHO di tahun yang sama jumlah kematian karena stroke di Indonesia mencapai 14,83% dari keseluruhan kasus. Angka kematiannya pun mencapai 147.19 per 100.000 jiwa. Data tersebut menjadikan Indonesia berada di peringkat 7 dalam kematian karena stroke di seluruh dunia.
Dari sekian juta kasus stroke yang terjadi di Indonesia, termasuk diantaranya beberapa artis yang pernah diberitakan mengalami stroke. Berikut 4 artis yang dikabarkan pernah atau masih mengalami stroke hingga saat ini.

1.) Abdul Hamid atau Pak Ogah

Salah satu contoh kasus stroke artis baru-baru ini di Indonesia dialami oleh Abdul Hamid. Pengisi suara Pak Ogah dalam serial Si Unyil ini mengalami penyumbatan darah di otak atau stroke iskemik. Kondisi tersebut membuat beliau kini sulit berkomunikasi dan kehilangan kontrol atas tubuhnya.

2.) Robby Tumewu

Artis Indonesia lain yang juga mengalami stroke adalah Robby Tumewu perancang busana yang terkenal di masanya. Beliau mengidap penyakit stroke sejak tahun 2013. Sejak serangan pertama beliau mulai mengurangi aktivitas di dunia hiburan dan terus menjalani perawatan. Namun setelah berkali-kali mengalami serangan stroke, beliau meninggal dunia pada Januari 2019.

3.) Deddy Corbuzier

Youtuber yang saat ini terkenal dengan podcast-podcastnya, Deddy Corbuzier juga pernah mengalami stroke ringan di tahun 2014. Diketahui stroke ini dipicu oleh trauma pasca kecelakaan yang pernah dialaminya sebelumnya. Namun, setelah berada dalam perawatan kondisinya sudah membaik hingga dapat menjalani aktivitasnya seperti sediakala.

4.) Epy Kusnandar

Epy Kusnandar salah satu pemain dari sinetron Preman Pensiun juga pernah mengalami stroke ringan pada 2020. Beliau mengalami tumor otak dan mengakibatkan muka sebelah kirinya seperti tertarik ke atas dan kesulitan berbicara.
Namun kini kondisinya sudah jauh lebih membaik setelah melakukan pengobatan alternatif.

Baca Juga : Proses Terjadinya Stroke yang Harus Diketahui Sebelum Terjadi

Dari kasus-kasus di atas Anda dapat menyimpulkan beberapa hal, seperti gejala dan penyebab terjadinya stroke. Gejala utama yang dialami penderita stroke, biasanya kesulitan dalam berkomunikasi dan kehilangan kontrol atau mengalami kelumpuhan pada sisi anggota tubuh. Penyebabnya sendiri bisa dari trauma pasca kecelakaan atau tumor otak.

herbal penyakit jantung buah merah

Obat Herbal stroke berizin BPOM, tersedia kapsul dan minyak buah merah papua di CV Cahya Indonesia

>> lihat Testimoni buah merah

Dari kasus stroke di atas juga Anda belajar bahwa stroke masih dapat disembuhkan, meskipun ada beberapa yang tidak. Selain penanganan medis dengan sesegera mungkin dan ikhtiar, Anda tetap harus ikhlas dan menyerahkan hasil akhir pada yang Mahakuasa.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??