Apa pengertian penyakit stroke? Perlu Anda ketahui, penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan dan bisa merenggut nyawa. Oleh karena itu, segeralah melakukan pengobatan untuk penyakit ini untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Pengertian Penyakit Stroke

Pengertian penyakit stroke, terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami penggumpalan atau penyumbatan dan bisa juga karena pecahnya pembuluh darah.  Aliran darah ke otak tersebut membawa nutrisi dan oksigen yang bisa menopang kinerja otak.

Jadi, pengertian penyakit stroke adalah aliran darah ke otak terganggu, otomatis sel-sel di otak akan mati karena kurangnya asupan nutrisi dan oksigen. Cara mengobati stroke juga bisa dilakukan dengan berbagai metode pengobatan.

Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh, karena bisa menimbulkan hal berbahaya bagi tubuh. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit stroke adalah :

1.) Salah satu atau kedua lengan terasa sulit digerakkan.

2.) Salah satu sisi di wajah terlihat menurun.

3.) Kesulitan untuk berbicara.

Penanganan yang cepat bisa meminimalkan resiko terjadinya sesuatu yang membahayakan nyawa, seperti meminimalkan terjadinya kerusakan pada otak dan mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi.

Selain gejala yang disebutkan di atas, seseorang juga bisa mengalami gejala lain seperti kesulitan mengenal wajah atau prosopagnosia dan kesemutan. Gejala tersebut bisa timbul di sebagian orang.

Sebelum membahas metode pengobatan untuk menangani stroke, ada beberapa cara yang bisa mencegah munculnya penyakit ini, yaitu dengan cara berolahraga rutin, menjaga pola makan dan menghindari konsumsi alkohol dan merokok yang berlebihan.

Ketiga cara itu bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena selain stroke, Anda juga bisa menjaga tubuh tetap bugar, imun tubuh tetap terjaga dan otomatis tubuh akan terlindungi dari segala macam penyakit.

Ketika stroke terjadi dan tidak segera diobati, penyakit ini bisa memunculkan penyakit lain atau komplikasi. Hal ini bisa membahayakan nyawa pasien tersebut dan harus segera ditangani. Adapun masalah kesehatan lain yang bisa muncul karena stroke adalah :

1.) Pneumonia aspirasi, terjadi ketika minuman dan makanan masuk ke dalam saluran pernapasan.

2.) Penggumpalan darah di area tungkai atau deep vein thrombosis.

3.) Hidrosefalus, hal ini terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam rongga otak.

Mengobati stroke bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, dari pemberian obat-obatan tertentu hingga operasi. Namun, penanganannya tergantung dari penyebab penyakit stroke itu muncul.

ekstrak minyak buah merah papua

Jual Buah Merah Papua Herbal Untuk Stroke berizin BPOM >> Testimoni Buah Merah

Selain operasi dan pemberian obat-obatan, stroke juga bisa diobati dengan menggunakan terapi akupuntur atau akupresur. Ini merupakan salah satu cara pengobatan dengan metode tradisional.

Terapi tradisional tersebut juga bisa mengobati pasien pasca stroke, dan perlahan mengalami perubahan yang signifikan. Selain terapi tradisional, beberapa bahan alami juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mencegah stroke, seperti:

1.) Kunyit, kandungan curcumin yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh.

2.) Minyak kelapa, membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah stroke.

3.) Wortel, kandungan betakaroten dan nutrisi lain yang bisa menutrisi dan menjaga kesehatan keseluruhan tubuh.

Ketiga bahan tersebut bisa Anda gunakan dan konsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari terjadinya resiko terkena stroke. Wortel juga baik untuk kesehatan mata, dan bisa disajikan dalam menu makanan sehari-hari.

Baca Juga : Sifat Pembuluh Darah Sesuai Jenisnya

Begitu pun dengan minyak kelapa dan kunyit, yang biasa digunakan di dapur sebagai bumbu rempah dan pelezat makanan. Kedua bahan ini ternyata bisa membantu seseorang agar tidak terkena stroke.

Itulah pengertian penyakit stroke dan cara mencegah serta mengobatinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk selalu menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat di masa pandemi ini.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??