Menjaga kesehatan haruslah dilakukan oleh semua orang sedari dini. Jangan menunggu saat Anda terkena suatu penyakit tertentu, lalu kemudian baru menerapkan hidup sehat untuk menjaga tubuh. Tak hanya orang dengan usia lanjut saja yang bisa terkena penyakit. Banyak anak muda yang saat ini sudah menderita suatu penyakit karena tidak menerapkan hidup sehat sejak dini.

Salah satu penyakit yang banyak diderita adalah asam urat dan kolesterol. Meski penyakit ini sering diderita orang tua dengan usia 50 ke atas, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang orang pada usia 30 sampai dengan 40 tahun.

Lantas apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab asam urat dan kolesterol pada seseorang? berikut hal-hal yang dapat menjadi penyebab asam urat dan kolesterol tinggi pada tubuh.

Beberapa Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Pola Makan yang Tidak Baik

Maksudnya di sini adalah penyakit kolesterol tersebut disebabkan karena Anda kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada hewan menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh.

Kurang Gerak dan Olahraga

Kegiatan berolah raga merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Saat Anda sedang melakukan olahraga maka anggota tubuh akan ikut bergerak dan gerakan-gerakan yang dihasilkan tersebut mampu meningkatkan kekuatan otot dan tubuh sehingga tubuh akan semakin sehat dan jauh dari penyakit asam urat dan kolesterol.

Faktor Usia

Selain dua hal di atas, ada juga faktor yang sangat menentukan kesehatan seseorang, yaitu faktor usia. Semakin banyak usia seseorang maka daya tahan dan kinerja tubuh akan semakin berkurang. Dan hal inilah yang sering menyebabkan seseorang menderita penyakit asam urat dan kolesterol di usianya yang sudah tidak muda lagi.

Maka dari itu, menjaga kesehatan sedari dini sangat dianjurkan, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolah raga secara rutin sejak saat usia masih muda. Dengan demikian, dua hal tersebut bisa menjadi sebuah tameng agar Anda tetap sehat di usia tua dan terhindar dari penyakit asam urat dan kolesterol.

Faktor Genetik

Dalam sebuah keluarga, bisanya perilaku dan gaya hidup seorang anak akan mengikuti orang tuanya. Saat orang tua menerapkan perilaku hidup kurang sehat maka hal tersebut pun akan menurun kepada anak dan tanpa disadari tak jarang akan memberikan pengaruh terhadap kesehatannya.

Apalagi jika ada sebuah gen yang mengindikasikan adanya riwayat penyakit asam urat dan kolesterol. Maka faktor genetik dan gaya hidup yang kurang sehat tersebut yang akan menjadi sebuah pemicu yang cukup tidak baik bagi kesehatan anak.

Baca Juga : Makanan Pencegah Leukimia Atau Kanker Darah Yang Ampuh

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

Selain beberapa faktor di atas, ada juga faktor penyebab asam urat dan kolesterol yang diakibatkan dari makanan seperti buah-bahan dan sayuran. Beberapa penyebab asam urat dan kolesterol tinggi di dalam tubuh adalah:

Jeroan

Bukan hanya pantangan bagi penderita asam urat saja, jeroan juga sangat tidak disarankan untuk penderita kolesterol tinggi. Purin yang terkandung di dalam jeroan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu jeroan seperti hati memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang sangat tidak baik jika dikonsumsi olah pengidap kolesterol.

Daging Merah

Penderita asam urat dan kolesterol juga sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah. Jika pun sangat ingin mengonsumsinya maka disarankan untuk mengolahnya secara sehat tanpa tambahan minyak sama sekali.

Makanan Cepat Saji

Tanpa disadari makanan cepat saji ternyata juga berbahaya bagi pengidap asam urat dan kolesterol tinggi. Makanan siap saji tersebut ternyata banyak mengandung purin dan lemak jenuh sehingga bisa menjadi penyebab asam urat dan kolesterol meningkat di dalam tubuh. Sehingga bagi Anda yang memiliki kadar asam urat dan kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makanan siap saji seperti mie instan, kornet, sarden, dan lainnya.

Beberapa Jenis Sayuran dan Kacang-Kacangan

Beberapa sayuran yang mengandung purin tinggi juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol. Diantara sayuran tersebut seperti bayam, kol, asparagus, buncis, pepaya, kacang tanah, kacang panjang, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Demikian lah beberapa penyebab asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Maka dari itu mulailah untuk menghindari makanan-makanan tersebut bagi Anda yang memiliki riwayat kadar asam urat dan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Serta mulailah untuk mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat agat terhindar dari bahaya penyakit kolesterol dan asam urat.

Jika Anda mengalami gejala asam urat, Anda bisa mengkonsumsi olahan buah merah sebagai obat herbal asam urat dari CV Cahya Indonesia.

Sell Red Fruit Oil Papua Singapore 60 Capsulse

CV Cahya Indonesia Jual Olahan Buah Merah Berizin BPOM Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol Tinggi


WhatsApp buah merah

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??