Terdapat berbagai macam virus penyebab kanker yang bisa menyerang siapa saja tidak pandang usia. Bahkan kanker dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan yang merenggut nyawa setiap harinya.

Penyakit kanker sendiri muncul dengan adanya pertumbuhan sel sel tidak normal yang menjalar lalu merusak jaringan tubuh. Beberapa penyebab kanker bisa terjadi karena faktor keturunan.

Namun terdapat juga virus yang menjadi penyebab kanker.

Virus Penyebab Kanker

Berikut ini adalah beberapa virus yang merupakan penyebab utama dari munculnya penyakit kanker, waspada ya!

1.) Hepatitis B

Hepatitis B merupakan virus yang ditularkan melalui hubungan seksual, penggunaan jarum suntik yang salah hingga transfusi darah. Virus ini juga mampu menjadi pemicu penyakit kanker Hepatocellular atau yang biasa dikenal dengan kanker hati.

Virus ini tidak hanya merusak kinerja organ hati saja namun juga bisa menyerang organ lainnya seperti paru, usus dan termasuk organ yang merupakan alat reproduksi.

2.) Hepatitis C

Masih berasal dari virus golongan Hepatitis kali ini berasal dari virus Hepatitis C yang juga bisa menyebabkan penyakit kanker Hepatocellular. Virus ini bahkan dinilai lebih berbahaya karena mampu menggerogoti tubuh Anda.

Mulanya virus ini akan menyerang alat reproduksi lalu jaringan vital lain meliputi usus dan paru-paru. Selain itu virus ini juga mampu menimbulkan sirosis hati yang dapat mengakibatkan kematian.

3.) HPV

Virus HPV mudah sekali menyerang seseorang yang sering melakukan hubungan seksual dan berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman atau kondom.

Mulanya gejala yang akan dirasakan adalah munculnya benjolan berair seperti kutil pada alat vital yang kemudian akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Hal ini akan menimbulkan efek rasa gatal dan juga panas yang bersamaan.

Bagi wanita virus ini bisa menjadi salah satu penyebab kanker serviks yang sangat berbahaya bagi wanita dan bisa dibilang sebagai salah satu penyakit mematikan.

Sedangkan bagi para pria, virus ini bisa berubah menjadi kanker penis.

Salah satu cara pencegahan penyakit kanker adalah dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear bagi wanita, dan juga melakukan vaksinasi HPV.

4.) HTLV-1

Virus penyebab kanker selanjutnya ada virus Human T-Cell Leukemia Virus Type 1, virus ini merupakan penyebab utama dari penyakit limfoma dan leukemia atau kanker darah.

Leukimia merupakan salah satu jenis kanker yang sangat ganas dan menyebabkan kematian. Sebab virus HTLV-1 ini bekerja dengan cara menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang.

Sementara itu virus ini bisa ditularkan dengan cara hubungan seksual, transfusi darah dan menyusui.

5.) Epstein-Barr

Virus Epstein-Barr disebut juga dengan EBV merupakan salah satu virus yang menyebabkan kanker nasofaring atau dikenal dengan sebutan kanker tenggorokan. Kanker ini bisa menyebar ke bagian organ penting lain.

Seperti bagian mata, telinga, kelenjar leher hingga otak.

Penderita kanker ini sangat disarankan untuk selalu rajin melakukan pemeriksaan ke dokter THT.

Sell Red Fruit Oil Papua Singapore 60 Capsulse

Cahya Buah Merah Papua Herbal Untuk Kanker berizin BPOM >> Testimoni Buah Merah

Beberapa Cara yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker memang merupakan salah satu penyakit yang belum ditemukan obatnya. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa dihindari, pernah mendengar kan istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Baca Juga : Patofisiologi Kanker Secara Umum

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari resiko penyakit kanker :

1.) Tidak merokok.

2.) Mengatur pola makan dengan menghindari makanan berlemak tinggi dan makan secara berlebihan, perbanyak makan sayur dan buah-buahan serta makanan kaya serat.

3.) Hindari mengkonsumsi alkohol.

4.) Jauhi seks bebas.

5.) Hidup seimbang dan kurangi stres.

6.) Olahraga yang cukup.

7.) Lakukan pemeriksaan secara berkala.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit kanker dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat, selain mempelajari mengenai virus penyebab kanker.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??