Penyakit stroke pada dasarnya dapat menyerang siapa saja. Akan tetapi, apa yang definiasi dari penyakit tersebut? Terdapat definisi stroke menurut WHO yang perlu Anda ketahui. Tentu tidak hanya itu saja, terdapat pula informasi mengenai apa saja penyebab penyakit tersebut yang perlu banyak orang ketahui.

Definisi Stroke Menurut WHO

WHO menjelaskan bahwa stroke adalah salah satu jenis penyakit yang dapat berkembang dengan cepat akibat adanya gangguan fungsi otak. Adapun gejala-gejalanya dapat berlangsung hingga 24 jam ataupun lebih sehingga dapat menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lainnya yang cukup jelas.

Penyakit ini sendiri dapat terjadi saat pasokan darah menuju ke otak mengalami gangguan. Hal tersebut akan menyebabkan adanya penyumbatan hingga pecahnya pembuluh darah. Tanpa adanya darah dalam otak, maka tidak akan ada nutrisi serta asupan oksigen yang tercukupi.

Baca Juga : Dampak Stroke yang Jarang Orang Ketahui

Itulah yang menyebabkan sel-sel dalam otak mengalami kematian. Hal tersebut juga akan menyebabkan beberapa bagian tubuh yang otak kendalikan menjadi rusak sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Tentu saja saat seseorang mengalami kondisi tersebut perlu segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sell Red Fruit Oil Papua Singapore 100 cc

Jual Olahan Buah Merah Obat Herbal Stroke >> Beli Sekarang

Berbagai Penyebab Penyakit Stroke

Pada dasarnya penyakit stroke termasuk yang paling orang takuti, baik itu stroke berat atau ringan seperti yang banyak mengalami stroke mata . Penyakit ini sendiri dapat terjadi apabila jaringan otak tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami stroke. Berikut beberapa penyebab penyakit tersebut yang bisa Anda ketahui:

  1. Tekanan Darah Tinggi

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit stroke adalah tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memeriksakan tekanan darah tersebut secara rutin ke rumah sakit.

Tekanan darah tinggi sendiri merupakan salah satu penyebab yang sangat umum orang alami. Apabila dalam dunia medis kondisi tersebut memiliki istilah lain yakni hipertensi. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk waspada terhadap adanya tekanan darah yang berlebih tersebut.

  1. Menderita Penyakit Jantung

Pada dasarnya penyakit jantung dan juga stroke masih memiliki hubungan yang cukup erat. Hal ini tidak heran apabila orang yang menderita penyakit jantung lebih rentan dan berisiko terserang penyakit stroke jika Anda bandingkan dengan mereka yang tidak.

Hal tersebut tidak terlepas adanya fungsi jantung yang sangat vital. Tidak lain yakni berfungsi dalam memompa darah menuju seluruh tubuh. Apabila terdapat berbagai gangguan pada jantung maka dapat menyebabkan aliran darah menuju otak juga bermasalah sehingga memicu penyakit stroke.

  1. Faktor Genetik/Keturunan

Hal lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena serangan stroke adalah faktor genetik atau keturunan. Hal ini berarti apabila Anda memiliki salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat stroke, maka hal tersebut akan menambah besar risiko seseorang mengalami penyakit yang sama.

Baca Juga : Etiologi Stroke dan Ciri-cirinya yang Wajib Anda Ketahui

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mulai sekarang untuk melakukan pemeriksaan diri secara rutin pada rumah sakit terdekat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui apa saja penyakit yang sedang orang alami kemudian mendapatkan pengobatan dengan segera.

  1. Faktor Obesitas

Selain beberapa hal yang sudah ada tersebut, hal lain yang dapat menyebabkan seseorang dapat terkena stroke adalah faktor obesitas atau kelebihan berat badan. Tidak heran jika setiap orang perlu untuk menjaga berat badan mereka agar tetap dalam keadaan yang ideal.

Saat seseorang memiliki berat badan yang berlebih sendiri peluang untuk terkena penyakit stroke semakin meningkat. Hal tersebut bahkan dapat terjadi baik kepada pria maupun wanita. Hal tersebut juga dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa informasi mengenai definisi stroke menurut WHO yang bisa Anda ketahui beserta dengan penyebabnya. Mulai sekarang sangat penting untuk memperhatikan pola makan dan pola hidup sehat agar dapat mencegah tubuh dari datangnya penyakit tersebut yang cukup merugikan.

Klik Chat Sekarang!
Halo Kak... Apakah ada yang mau di tanyakan??
Keluhannya Sakit apa??